Sunday, April 27, 2008

Pilkada Jabar

Pilkada Jabar

Sabtu acara, setelah acara yang panitiai selesai saya bergegas untuk bersiap-siap pulang ke Bogor dalam rangka pemilu gubernur Jabar keesokan harinya. Saya berangkat bersama dua orang teman saya yang sama-sama berasal dari Bogor. Kami pulang dikarenakan kartu pemilih kami ada di Bogor sehingga kami tidak bisa ikut pemilu di Bandung

Pilkada Jabar ini merupakan pemilu pertama saya, baru kali ini saya mempunyai hak pilih untuk ikut menyuarakan apa yang saya pilih. Di dalam bus saat perjalanan sempat terlintas di pikiran saya ucapan teman sekelas saya saat saya menanyakan apakah ia akan ikut menyoblos nanti. Jawaban beliau kurang lebih adalah “ ah, buat apa nyoblos. Paling nanti pada korupsi-korupsi lagi.”. di lain kesempatan ada yang bilang “ngapain gw pulang, ngabisin ongkos aja, kalo di kasih 100 rb mw gw ikt pemilu”. Tapi, ada juga yang saat saya tanyakan hal yang serupa menjawab “Pulang dong ndra, hal kayak gini harus kita perjuangkan, kita kan dah dapet hak pilih.”. menanggapi jawaban-jawaban teman saya, saya hanya tersenyum, mungkin senyuman dengan arti yang berbeda-beda..

Pagi-pagi saya sudah berada di TPS bersama kakak dan Ibu saya, kami datang pagi-pagi biar antriannya tidak terlalu panjang, bapak saya sudah terlebih dahulu berada di TPS karena beliau termasuk panitia pemungutan. Stelah beberapa jam kami pun menonton TV dan mendengar berita tentang pilkada. Salah satunya adalah berita tentang orang yang tidak menggunakan hak suaranya. Saya jadi ingat beberapa teman saya yang tidak ikut pemilu ini. Tiba-tiba kakak saya yang kuliah di FISIP ini ngomong kurang lebih “dasar, pada gak sadar politik nih. Nanti aja kalo harga pada naek terika-teriak, ngeluh, minta turun. Tapi pas diminta nentuin pemimpin pada gak ikut”. Hhh,, terpaksa otak ini kembali berpikir, apa iya gak sadar politik? Berarti saat ini dari kalangan mahasiswa pun yang dianggap kaum intelek, kaum yang selalu menginginkan perubahan sudah tidak sadar politik.

Hhhhhh…

Yah,,fenomena apa pun yang terjadi pada pilkadaini mudah-mudahan tetap memberikan hal yang terbaik dan mampu membuat Jabar khususnya menjadi lebih baik.

1 comment:

Anonymous said...

assalamu'alaykum wr wb

do, kalo gw dapet krtu di bandung juga lho...
tapi, gw te2p ke bogor =D

eh, update dong blognya...

http://rezaprimawanhudrita.wordpress.com